Belakangan ini gw resah oleh sebagian orang terutama anak-anak muda zaman sekarang, yang udah salah kaprah dalam mengartikan "Rasta" . Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa "Rasta" itu sama dengan  "Ganja",bahkan ada juga orang yang beranggapan bahwa Rasta adalah seseorang yang menggemari musik reggae atau seseorang yang menggunakan/pemakai ganja, dan masih banyak lagi pandangan negativ lainnya.
Itu semua sama sekali TIDAK BENAR dan SALAH BESAR Broo .....
Makadari itu kali ini gw ingin membahas sedikit arti tentang "Rasta" yang sebenarnya agar sebagian orang tidak salah jalan dan tidak memandang Rasta dengan sebelah mata.
Sejarah tentang rasta ini gw dapat dan kumpulkan dari beberapa sumber di internet, kemudian gw ringkas untuk menjadi bacaan/artikel di blog ini.
Langsung aja deh kita baca & simak baik-baik arti / sejarah rasta di bawah ini!

"Rasta" berasal dari kata "RAS TAFARI", Rasta adalah sebutan untuk seseorang penganut atau pengikut ajaran RASTAFARI.
    Rastafari itu apa sih ?
Rastafari adalah sebuah suku/gerakan yang muncul di Jamaika pada awal tahun 1930-an, kebanyakan penganutnya adalah kaum kulit hitam dari kalangan pekerja dan petani. Rastafari bukanlah sebuah Agama Baru, kebanyakan orang menganggap Rastafari adalah sebuah pilihan "Jalan Hidup"

Seseorang mantan Raja Ethiopia yang bernama "Halie Selassie I" di akui sebagai Raja di raja, Tuan dari segala Tuan bagi kaum Rastafari, atau bisa dibilang sebagai "YAH" / "JAH" (panggilan Tuhan / Allah bagi kaum rastafari). Kaum rastafari adalah Vegetarian, mereka tidak mengonsumsi daging, kecuali daging yang sudah di tetapkan, pemakaian ganja pun tidak sembarangan. Ganja digunakan kaum rastafari untuk ritual keagamaan dan pendekatan diri kepada "JAH", istilahnya ganja itu digunakan ketikan beribadah/saat sembahyang agar lebih khusyu.
Berikut ini beberapa ajaran-ajaran yang di ajarkan kaum rastafari :
1. Kaum rastafari adalah vegetarian, mereka tidak makan daging kecuali daging yang sudah di tetapkan.
2. Rastafari melarang keras penganutnya mengkonsumsi Alkohol, Mabuk,menggunakan zat psikotropika/obat bahkan Merokokpun tidak diperbolehkan. (Personil The Wailers tidak ada yang merokok).
3.Kaum rasta tidak diperbolehkan meletakan gunting diatas kepala, istilahnya mereka tidak boleh mencukur rambutnya dan membiarkan rambutnya panjang hingga bersilang-belit/gimbal (Mencukur rambut hukumnya Haram bagi kaum rastafari).
4.Rastafari mengajarkan penganutnya untuk selalu HIDUP DAMAI, melawan/memberontak arus-arus pemerintah yang mencoba mengusik dan menindas mereka.

So... Jangan beranggapan negativ dulu ya ....

         Rastafari berkembang diantara penduduk yang miskin dan merasa bahwa masyarakat saat itu tidak mau menolong mereka, kecuali membuat mereka lebih menderita. Mereka berontak dan berusaha merebut kembali hak dan kebudayaan mereka yang telah di curi oleh kaum Babylon (penguasa penindas) yang selalu menganggap mereka sebagai budak. Sebelum perdana mentri Michael Manley berkuasa di jamaika, aparat kepolisian jamaika sering kali mempermalukan kaum rasta dengan cara menjambak rambut gimbal mereka dan kemudian mencukurnya habis.Setelah perdana mentri Michael Manley berkuasa, upaya mengangkat martabat kaum rastapun tercipta. Perdana Mentri Manley mengeluarkan keputusan yang menghalalkan Ganja. Kaum rastafari juga diberikan kesempatan untuk ber-Ziarah ke Ethopia, Tanah Perjanjian/Zion di Afrika.  Kaum rastafari menganggap Ethopia adalah Zion dan mereka percaya bahwa Tuhan akan mengembalikan mereka ke Zion.


          Gerakan/Ajaran rastafari ini telah tersebar ke seluruh pelosok dunia, terutama melalui imigrasi dan perkembangan musik Reggae di dunia. Bob Marley adalah salah satu tokoh penting dalam penyebaran ajaran rasta ini, Bob Marley menyuarakan ajaran-ajaran Rastafari dari beberapa lirik lagu yang telah diciptakannya dan kemudian lirik-lirik lagu yang di iringi musik reggae itu mendunia, tidak heran jika Bob Marley di anggap sebagai Nabi-nya kaum rasta, karna telah menyebarkan ajaran rasta ke seluruh pelosok dunia, termasuk Indonesia.
Buffalo Soldier adalah salah satu lagu Bob Marley yang mengisahkan tentang seseorang rastafari yang berjuang di medan perang untuk kemenangan amerika di perang Vietnam. Lirik lagu ini merupakan suatu pengalaman Bob Marley ketika diwajibkan oleh pihak berwenang disana dan direkrut menjadi milisi militer ketika merantau ke Delaware, Amerika. Kekejaman tentara Amerika saat itu menggunakan bom napalm di medan perang yang telah merenggut ribuan nyawa masyarakat sipil. Para tentara ibarat "Buffalo Soldier", kerbau yang dicolok hidungnya dan hanya bergerak mengikuti garis komando para Jendral di Pentagon.
Berikut ini sedikit arti dari lirik lagu Buffalo Soldier :
Buffalo Soldier, Dreadlock Rasta ...
(Tentara kerbau, Berambut Gimbal)

There was a Buffalo soldier ..
(Tentara kerbau itu hidup)

In the heart of Amerika...
(Didalam hati Amerika)

Stolen From Africa, brought to America...
(Dicuri dari Afrika, Dibawa ke Amerika)

Fighting on arrival, fighting for survival....
(Bertarung ketika tiba, bertarung untuk bertahan hidup)

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Poskan Komentar